Monday, April 4, 2016

Jenis Energi



Jenis Energi
Baca Juga : Energi Potensial
 
          Energi potensial dapat digunakan untuk melakukan bergabagai hal. Ketika berada di puncak, Roller coaster dapat menggunakan energi potensialnya untuk melesat turun dan meningkatkan kecepetan. Energi potensial lama-kelamaan akan habis, tetapi tidak hilang, melainkan diubah menjadi energi kinetik. Energi kinetik dihasilkan ketika benda bergerak atau melakukan sesuatu. Ada lima jenis energi kinetik : energi listrik, bunyi, termal, cahaya, dan gerak.


Mengubah Energi Potensial

Sewaktu naik-turun relnya, kereta Roller coaster berulang-ulang mengubah energi potensial posisional menjadi energi kinetik bergerak dan sebaliknya. Namun, selalu ada bagian energi yang terbuang akibat gaya hambatan udara dan friksi (gaya gesek). Oleh karena itu, kereta selalu kehilangan energi dan akhirnya berhenti. Untuk lebih jelas lihat proses di bawah ini.

Energi Listrik


Energi potensial listrik yang tersimpan dalam awan petir terlepas ketika petir menyambar tanah. Petir mengubbah sebagian listrik statis (energi potensial listrik) awan menjadi arus listrik (energi kinetik listrik). Ketika menyambar tanah, petir melepaskan energi sebesar pembangkit listrik berukuran sedang setiap detiknya.

Energi Suara/Bunyi


          Ketika ditarik, senar harpa mendapat energi potensial dan ketika di lepas, senar mengubah energi potensial ini menjadi energi kinetik melalui getaran. Getaran senar menggoncang molekul-molekul udara di sekitarnya, yang lalu membawa energi suara melintasi udara.

Energi Termal


          Panas adalah sejenis energi kinetik dan terkadang disebut energi termal. Kompor mengubah energi potensial kimiawi yang tersimpan dalam gas menjadi energi panas ketika membakar gas. Energi panas ini menyebabkan molekul-molekul air di panci bergerak cepat hingga air mendidih dan mematangkan kacang kapri.

Energi Cahaya


          Cahaya adalah bentuk lain dari energi kinetik. Cahaya terbuat dari gelombang listrik dan magnetis yang bergerak antara dua tempat, disepanjang garis lurus sambil membawa energi. Hal ini disebut radiasi elektromagnetik (atau terkadang energi pancar). Cahaya, yang dapat mengelilingi Bumi tujuh kali dalam sedetik, adalah energi dengan gerak tercepat.

Energi Pergerakan


          Kutu dapat melompat sejauh 33 cm – 100 kali lebih panjang dari tubuhnya sendiri. Kutu memanfaatkan energi potensial di otot kaki mereka. Ketika melompat, otot-otot kutu mengubah energi potensial menjadi energi kinetik, sehingga tubuhnya terpental.

No comments:

Post a Comment