Tuesday, November 8, 2016

Pengertian Alergi

Apa yang dimaksud dengan Alergi?

           
Antibodi
Kata Alergi merujuk pada suatu reaksi terhadap zat yang ada di lingkungan, yang dihirup, dimakan, atau kontak dengan kulit. Mekanisme paling sering yang membuat zat ini menyebabkan reaksi semacam ini melibatkan antibodi, suatu protein yang dibentuk sistem imun.
            Fungsi normal antibodi adalah melindungi tubuh dari infeksi dengan menyerang dan membunuh organisme seperti virus dan bakteri. Dalam kasus alergi, antibodi itu disebut imunoglobulin E, atau IgE, dan ketimbang menautkan dirinya dengan mikroorganisme, antibodi, itu melekat secara normal dengan zat yang tidak berbahaya seperti tepung sari, tungau debu rumah, dan serpihan kulit mati binatang.
Sel Mast
            Jika IgE terbentuk dalam sirkulasi darah, ia mencari dan melekat pada suatu jenis sel yang disebut sel mast, yang terdapat di membran mukosa mata, hidung, paru-paru, saluran pencernaan, selain juga di kulit. Jika orang terpajan kembali terhadap alergen yang sama, sel mast bereaksi dalam beberapa menit melepaskan berbagai macam zat kimia, meliputi histamin, leukotrien, prostaglandin. Semua bahan kimia ini, juga diacu sebagai mediator (perantara) respons alergi, bertanggung jawab terhadap gejala yang timbul pada pasien setelah terpajan pada alergen.

Tabel Bahan Kimia yang Terlibat dalam Reaksi Alergi

No comments:

Post a Comment